Jembatan adalah salah satu sarana transportasi darat terpenting selain
terowongan, tidak harus dibangun mencolok, tapi di dunia ini ada saja
jembatan yang dibangun mencolok, apa sajakah itu? Berikut daftarnya:
Jembatan Banpo (Korea Selatan): Jembatan Air Mancur
Tanggal
9 September 2008, Jembatan Banpo di Seoul (Korea Selatan) menjalani
operasi facelift besar-besaran: sebuah air mancur 10.000 selang yang
membentang di kedua pinggirnya. Setelah dipasang, jembatan ini berubah
menjadi atraksi turis besar, ketika jembatan ini menembakkan 190 ton
air per menit menggunakan air sungai di bawahnya.
Jembatan Millau (Perancis): Jembatan Tertinggi di Dunia
Setinggi
1.125 kaki di atas Lembah Tarn di selatan Perancis, mengarungi
Jembatan Millau bisa dikatakan seperti terbang. Karya Foster &
Partners ini sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel, memakan tiga
tahun untuk pembangunan dan dibuka pada umum tahun 2004. Selain
memberikan pemandangan lembah di bawahnya, ketika awan terbentuk di
bawah jembatan, Millau bukanlah rute bagi orang yang takut ketinggian!
Jembatan Millau memiliki panjang total 8.071 kaki dengan rentangan
tunggal terpanjang 1.122 kaki dan kejelasan maksimum di bawah adalah
886 kaki; jadi jembatan ini sangat indah dalam bentuk miniatur ataupun
bentuk aslinya. Dek jembatan ditopang oleh 7 pilon dan berbobot 36.000
ton. 7 menara, masing-masing setinggi 292 kaki dan berbobot 700 ton,
dipasang ke pilon penopang.
Henderson Waves (Singapura): Jembatan Pejalan Kaki Terindah
Pada
ketinggian 36 meter atau 12 tingkat dari permukaan jalan, jembatan ini
merupakan jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura. Jembatan
sepanjang 300 meter ini menghubungkan taman di Mount Faber dan Telok
Blangah Hill.
Jembatan Teluk Hangzhou (Cina): Jembatan Lintas Lautan Terpanjang di Dunia
Melintasi
Teluk Hangzhou berdirilah jembatan lintas lautan terpanjang di dunia,
dengan panjang 35,673 kilometer (22 mil) dengan enam lajur jalan tol
dua arah. Jembatan ini dibangun untuk menangani kemacetan lalu lintas
di wilayah yang sedang berkembang pesat, memotong waktu tempuh antara
Shanghai dan Ningbo dari empat jam menjadi 2,5 jam. Jembatan ini
menjalani banyak pembelajaran beberapa dekade sebelumnya sebelum
disetujui tahun 2003, dan akhirnya dibuka pada 1 Mei 2008. Total
investasi untuk jembatan ini senilai RMB 11.8 juta (sekitar US$1.4
milyar).
Rolling Bridge (Britania Raya): Jembatan yang dapat menggulung sendiri
Dirancang
oleh Heatherwick Studio, Rolling Bridge pemenang penghargaan ini
terletak di Paddington Basin, London. Daripada menggunakan mekanisme
jembatan terbuka konvensional, yang terdiri dari elemen rigid tunggal
yang naik untuk membolehkan kapal lewat, Rolling Bridge menggulung diri
hingga dua ujungnya bertemu. Ketika dalam posisi horizontal, jembatan
ini merupakan jembatan pejalan kaki besi dan kayu normal; terbuka
penuh, jembatan ini membentuk lingkaran di satu sisi yang berbeda dari
posisi lurusnya.
Dua belas meter panjangnya, jembatan ini dibuat
oleh delapan bagian besi dan kayu, dan dibuat melengkung oleh tenaga
hidrolik yang dipasang di handrail setiap bagian.
Jembatan Oliveira (Brazil): Jembatan kabel berbentuk X pertama di dunia
Jembatan
Octavio Frias de Oliveira yang melintasi Sungai Pinheiros di São
Paulo, Brazil dibuka bulan Mei 2008. Setinggi 138 meter (450 kaki), dan
menghubungkan Marginal Pinheiros dengan Jornalista Roberto Marinho
Avenue. Desainnya unik dengan 2 dek melengkung melintas satu sama lain
melalui menara penopang berbentuk X.
Wind and Rain Bridge (Cina): Jembatan Bangsa Dong
Wind
and Rain Bridge adalah simbol arsitektor bangsa minoritas Dong. Wind
and Rain Bridhe di Diping adalah yang terbesar dalam jenisnya di
Provinsi Guizhou, dimana komunitas Dong terbesar Cina menetap. Jembatan
ini sepanjang 50 meter dan pertama dibangun tahun 1894 selama Dinasti
Qing 100 tahun yang lalu. Tetapi, struktur aslinya terbakar dalam
kebakaran besar 1959 dan yang dilihat pengunjung saat ini adalah
pembuatan ulangnya yang selesai tahun 1964. Merupakan arsitektur kayu
murni yang terdiri dari pilar, purlin dan baluster dalam berbagai
ukuran dan bentuk. Badan jembatan terbagi menjadi tiga bagian, yang
terbesar di tengah berbentuk menara drum Cina tradisional. Pilaster dan
eave jembatan dihiasi dengan bunga dan pahatan dan jembatan ini sangat
unik.
Tower Bridge (Britania Raya): Jembatan Victorian Paling Terkenal dan Terindah
Selesai
tahun 1894 oleh Horace Jones dan Wolfe Barry. Tower Bridge (dinamai
sesuai dua menara mencolok setinggi 141 kaki dan Tower of London di
dekatnya) adalah salah satu markah tanah terkenal di London dan salah
satu yang terindah di dunia. Jembatan sepanjang 800 kaki ini memiliki
spasi 28 kaki bila tertutup tapi terbuka di tengahnya hingga mencapai
140 kaki yang membolehkan kapal berlayar di Thames. Di hari-hari dimana
barang dipindahkan melalui laut daripada udara jembatan ini dinaikkan
sekitar 50 kali setiap harinya. Tower Bridge menggunakan 432 pekerja
yang membangunnya selama 8 tahun. Pada waktu itu mereka menenggelamkan
70.000 ton beton ke dalam 2 pier besar, menempatkan 2 struktur penopang
ke tempatnya yang masing-masing berbobot 1.000 ton dan menghiasi
seluruh jembatan dengan batu Portland dan granit Cornish untuk menutupi
11.000 ton besi di bawahnya.
Jembatan Air Magdeburg (Jerman): Jembatan Air Terbesar di Eropa
Jembatan
Air Magdeburg menghubungkan bekas Jerman Timur dan Barat di Sungai
Elbe, dan dibangun sebagai bagian dari proyek penyatuan kembali Jerman.
Sepanjang 1 km, jembatan air senilai 500 juta euro ini membolehkan
kapal angkut sungai menghindari kanal panjang yang padat di sepanjang
Elbe. Pengapalan sering terhadang di jembatan ini bila tanda air sungai
berada di tingkat terendah.
Ponte Vecchio (Italia): Jembatan Tertua dan Terkenal
Ponte
Vecchio di Florence adalah salah satu atraksi turis terkenal di
Italia, dan dianggap sebagai jembatan lengkung batu tertua di Eropa,
meskipun banyak bagian yang lebih tua. Sebenarnya dibangun dari kayu
hingga akhirnya dihancurkan oleh banjir tahun 1333, dan dua belas tahun
kemudian jembatan dibangun kembali menggunakan batu. Terkenal karena
banyak pertokoan, jembatan ini merumahkan setiap orang mulai pedagang
dan tukang daging Abad Pertengahan hingga toko cinderamata dan penjual
karya seni.
Sumber: oddee.com
No comments:
Post a Comment